Hello !!

Wednesday, February 1, 2017

Command Block

Mendapatkan

Blok perintah bisa didapatkan dengan klik tombol kontrol pick block atau dengan perintah tertentu, seperti /give <player> minecraft:command_block.
Blok perintah tidak tersedia di inventaris creative mode, dan tidak dapat dihancurkan di mode survival, ia tidak mudah terbakar, dan tahan dari ledakan sama seperti batu dasar (bedrock). Command block tidak bisa dipindahkan oleh piston.

Penggunaan

See also: Commands/id and Tutorials/Command Block/id
Sebuah blok perintah dapat menjalankan perintah jika diaktifkan oleh daya dari edstone.

Modifikasi


GUI (Antarmuka grafikal) blok perintah.
Untuk memodifikasi blok perintah, klik kanan blok perintah hingga muncul GUI blok perintah. GUI tersebut hanya muncul jika pemain tersebut berada di mode kreatif, dan memiliki izin yang sesuai. Di mode permainan Singleplayer, cheat harus diaktifkan jika ingin memodifikasi blok perintah. Di Multiplayer, blok perintah dapat diubah oleh operator di mode creative, dan blok perintah dapat bekerja jika nilai tersebut diubah di berkas server.properties:
  • enable-command-block harus diubah ke true
  • op-permission-level harus diubah ke 2 atau diatasnya (umumnya 4)
Perintah konsol
Perintah dapat dimasukkan di panel teks yang ada di paling atas. Batas teks untuk perintah mencapai 32,767 characters, tetapi saat ini, panel teks tersebut hanya menampilkan teks dengan porsi lebih kecil.
Perintah tidak harus diberi prefiks forward slash (/) yang berlaku di percakapan, tetapi menggunakannya tetap bisa.
Dibawah perintah konsol terdapat beberapa cara penggunaan selektor pelaku.
Hasil sebelumnya
Panel teks dibawah tidak memunculkan tulisan ketika belum diisi perintah & dijalankan. Tulisan tidak dapat diubah dan menampilkan hasil dari perintah sebelumnya (sukses atau gagal). Di GUI blok perintah, terdapat pengaturan yang bisa menyimpan hasil atau tidak. Sebuah tombol di sebelah kanan panel teks Hasil Sebelumnya menampilkan O ketika hasil harus disimpan dan X Ketika hasil tidak harus disimpan. Untuk dunia yang memilik blok perintah yang sangat banyak, dengan tidak menyimpan hasil, maka kebutuhan memori & penyimpanan bisa berkurang.
Selesai
Klik tombol "Selesai" atau ↵ Enter untuk menyimpan perintah dan meninggalkan GUI blok perintah.
Batal
Klik tombol "Batal" atau Esc untuk meninggalkan GUI blok perintah tanpa perubahan apapun.

Aktifasi

Blok perintah merupakan mekanisme redstone dan dapat diaktifkan dengan:
  • Sebuah komponen daya dihadapannya: contoh, sebuah obor redstone (kecuali jika obor tersebut menempel di blok perintah), sebuah blok redstone, sebuah sensor surya, dll.
  • Sebuah blok berdaya dihadapannya (contoh, sebuah blok buram dengan obor redstone yang aktif dibawahnya)
  • Sebuah komparator redstone berdaya atau pengulang redstone menghadap ke komponen mekanisme
  • Bubuk redstone berdaya dikonfigurasi untuk mengarah ke blok perintah (atau diatasnya) atau tanpa direksi (directionless); sebuah blok perintah tidak dapat diaktifkan oleh bubuk redstone berdaya menghadapkan sedemikian rupa dikonfigurasi untuk menjauhinya.
Dengan tambahan, sebuah blok perintah dapat aktif di dispenser (hanya jika dispenser tersebut aktif), dengan menggunakan perintah yang dimasukkan ke blok perintah dengan tag BlockEntityTag. Jika sebuah blok perintah diklon di lokasi berdaya, maka blok perintah baru hanya menjalankan perintahnya jika yang asli belum pernah diaktifkan (terlihat di F3 layar debug sebagai "triggered").
Ketika diaktifkan, sebuah blok perintah mencoba untuk menjalankan perintahnya.

Hasil

Ketika diaktifkan, blok perintah mengirimkan dua tipe hasil, yaitu:
Komparator redstone
Blok perintah dapat mengaktifkan komparator redstone menghadapnya (mungkin dipisahkan oleh blok) dengan sebuah kekuatan sinyal tertentu ke perintah yang dijalankan sebelumnya (contoh, pemain yang terdampak oleh perintah).
Kekuatan sinyal selalu tergantung oleh perintah yang dijalankan sebelumnya, bahkan jika telah dimatikan.
Pesan
Pesan hasil mendeskripsikan success tidaknya sebuah perintah, mungkin bisa tertulis di lebih dari satu destinasi:
Hasil sebelumnya: Pesan sering tertulis di panel teks "Hasil sebelumnya".
Percakapan: Pesan output tertulis di percakapan di mode bermain sendiri, atau menyebarkannya ke semua op di mode bermain bersama/multiplayer, kecuali ditindaskan dengan perintah /gamerule commandBlockOutput false. Beberapa perintah dapat menulis teks tambahan ke percakapan dapat fungsional seperti biasanya yang tidak ditindaskan (contoh, perintah /say dapat menulis sebuah pesan ke percakapan semua pemain), Terpisah dari pesan output. Pesan percakapan yang biasanya akan didahului dengan nama pemain (contoh: perintah /me, /say dan /tell) menggunakan @ sebagai nama pemain. Jika blok perintah tersebut di anvil[verify] sebelum peletakan, nama tersebut akan digunakan.
Log: Pesan output dikirim ke log server multiplayer kecuali jika sudah ditindas dengan /gamerule logAdminCommands false.
Statistik Perintah
Blok perintah dapat mengirim pesan ke obyektif papanskor:
  • SuccessCount: jumlah kesuksesan (sebelumnya disediakan oleh output komparator Redstone, tetapi tidak dibatasi sampai 15)
  • AffectedBlocks: jumlah blok yang terkena dampaknya
  • AffectedEntities: jumlah entitas yang terkena dampaknya (termasuk pemain)
  • AffectedItems: jumlah benda yang terkena dampaknya
  • QueryResult: nilai yang dikirimkan oleh blok perintah.
Obyektif tersebut dapat digunakan dengan perintah /stats atau dapat dimodifikasi NBT-nya dengan perintah /blockdata.

Catatan

Perintah yang tidak bisa dilakukan oleh blok perintah: /ban, /banlist, /ban-ip, /debug, /deop, /kick, /op, /pardon, /pardon-ip, /publish, /save-all, /save-off, /save-on, /stop, and /whitelist (i.e., /debug, /publish, semua perintah multiplayer kecuali /list).
Berikut perintah yang fungsional tetapi ada sedikit keterbatasan (outputnya ditampilkan di Output Sebelumnya dibandingkan dengan ditampilkan di chat): /help, /seed, /list, /scoreboard objectives, /scoreboard players, dan /scoreboard teams list.
Berikut perintah yang menggunakan nama dari blok perintah (umumkan ke @) di output: /me, /say, and /tell.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Semoga bermanfaat kawan :)

Powered by Blogger.

selamat datang

Flag Counter

chat

cctv

Mengenai Saya. Hero_BroXp2

Pages - Menu

Pages - Menu